Sabtu, 08 Oktober 2016

Ciri ciri dan pengalaman IC EMMC di android rusak, berdasarkan pengalaman

Ciri ciri IC EMMC Android rusak



Halo guys, kali ini bang ridwan mau berbagi pengalam tentang rusaknya android pada bagian IC EMMC, apa itu IC EMMC

IC Emmc  adalah IC Memory Internal. Di dalam IC tersebut banyak partisi misalnya Bootloader, Recovery, System OS, Media Penyimpanan Data (internal) dan masih banyak partisi lain yang tidak kami sebutkan.

Jadi bila IC Emmc rusak, otomatis hp anda tidak ada memory internalnya.. jadi untuk memperbaikinya hanya ada 2 cara yaitu di bawa ke service center ( bila ada garansi ) dan di lembiru ( lempar beli baru ) karena biaya memperbaiki ic emmc rata rata 400-500 rb, mending di lembiru ya kan :D wkwkw

Dan saya akan memberi beberapa ciri ciri smartphone yang IC EMMC Nya rusak ...

Cekidoott..

Samsung Galaxy Tab P3100

Pada Samsung Galaxy Tab P3100 awalnya lupa pola sehingga praktis tidak bisa digunakan. Sebelum saya flash, saya terlebih dahulu menerapkan metode hard reset dengan menekan kombinasi tombol power, volume up dan tombol home. Proses hard reset berjalan lancar tanpa ada kendala. Namun, setelah Galaxy Tab 2 ini saya reboot, tidak bisa kembali ke setingan pabrik alias tetap terkunci dengan pola.
Langkah selanjutnya, saya flash dengan Odin. Ditengah proses flashing ada notifikasi FAIL dan Galaxy Tab 2 pun langsung mati. Kemudian saya coba flahing dengan Odin versi jadul. Proses flashing berjalan lancar dan sukses dengan ditandai tulisan PASS pada Odin tersebut. Namun, setelah saya nyalakan Galaxy Tab 2 tetap saja terkunci dengan pola.
Setelah itu, saya coba flash ulang dengan memilih opsi NAND Erase All, namun saat proses menghapus NAND flash-nya, HH langsung restart dan secara otomatis proses flashing gagal.
Setelah saya mencari tahu mengenai masalah ini, pada Samsung Galaxy Tab 2 saya simpulkan telah mengalami kerusakan pada EMMC-nya, lebih spesifiknya “EMMC error write”

Smartfren Andromax C

Kasusnya sama dengan Samsung Galaxy Tab 2 di atas, lupa pola dan tidak bisa diatasi dengan metode hard reset. Saya coba flashing dengan metode system upgrade juga tidak berhasil. Bahkan untuk Andromax C ini sama sekali tidak jalan saat di upgrade.

Evercoss A7S MT6572

Untuk Evercoss A7S ini, EMMC masih terdeteksi, namun ditengah proses flahing muncul pesan BROM ERROR: S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069). Setelah saya format dan saya flash ulang masih tetap saja muncul pesan eror tersebut. Untuk mengetahui persis apa yang terjadi, akhirnya saya gunakan tabulasi MEMORY TEST di SP Flash Tool. Hasilnya, yang rusak adalah NAND Flashnya. Namun, karena NAND Flash merupakan bagian dari EMMC yang tidak bisa dipisahkan secara otomatis kita harus mengganti EMMC tersebut.

OPPO joy 3 ( Punya saya )

Smartphone ini saya root, dan saya memperbaruhi sistemnya.. dan akhirnya bootloop gan, dan saya mencoba memperbaiki dengan semua cara flash yang ada di google namum semua gagal.. dan saya bawa ke konter" pinggir jalan.. katanya kena ic emmc nya.. dan kata penjaga konternya mending benerin di service center resmi aja..

Kesimpulan EMMC Android rusak

  1. Proses flash sukses namun tidak demikian dengan hasilnya.
  2. Proses flash selalu gagal dan muncul pesa eror tertentu meskipun sudah diformat sebelumnya.
  3. EMMC sama sekali tidak terdeteksi.
  4. Proses Hard reset sukses tapi tidak demikian dengan hasilnya (masih dalam keadaan seperti sebelumnya).

Catatan:

  1. Ini hanya sekedar analisa saya. Bisa saja dan sangat mungkin apa yang saya analisa salah. Jadi jika kamu memiliki analisa atau pendapat yang berbeda, mari kita diskusikan pada kolom komentar yang telah disediakan.

Sumber : klik disini

Link Banner
×

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net