Rabu, 28 September 2016

Perbedaan Kabel Tembaga dengan Kabel Fiber Optic

Perbedaan kabel tembaga dengan fiber optic

Perbedaan Kabel Tembaga dengan Kabel Fiber Optic

Assalamualaikum, berhubung saya abis pasang wifi.. saya akan menjelaskan perbedaan wifi yang menggunakan kabel tembaga dengan fiber 

Cerita dulu dikit, waktu itu saya mau pasang wifi dengan manggunakan kabel fiber, namun apa daya.. rumahku belom tercover jaringan fiber kata sales indihomenya ..

tapi, masih bisa pasang wifi kok, tapi pake kabel tembaga.. yah karena kabel tembaga banyak kekurangannya saya putuskan untuk gajadi pasang wifi..
Suatu hari, setelah 2 bulan berlangsung.. pagi pagi ada sales indihome dateng ke rumah saya, nawarin mau masang fiber apa enggak... Ya mau lah, dan akhirnya sekarang saya punya wifi dirumah :D

Dan inii dia perbedaannya :

Perbedaan Kabel Tembaga dengan Kabel Fiber Optic
Sumber : http://ayomaju.info/perbedaan-kabel-tembaga-dan-fiber-optic-telkom-speedy/

Fiber optic merupakan salah satu teknologi baru, ya nggak baru-baru amat sih, emang sudah ada sejak lama. Kabel serat optic terbuat dari kaca atau plastik yang mentransmisikan sinyal cahaya. Ukurannya pun sangat tipis, hanya sehelai rambut.

Terdapat beberapa bagian diantaranya :
  • Bagian Inti sebagai tempat merambatnya gelombang cahaya.
  • Lapisan selimut yang mengelilingi bagian inti dengan indeks bias yang lebih kecil
  • Lapisan Jake, melindungi bagian inti dan selimut dengan plastik elastis.
  • Komponen utama terdiri dari transmitter (laser Diode dan Laser Emmiting Diode), channel information berupa serat optik dan receiver.

Secara umum, kabel memiliki fungsi sebagai media transimisi yang berperan untuk mempercepat penyampaian pesan. Setiap kabel memiliki spesialisasi fungsi yang berbeda-beda. Kabel tembaga seringkali digunakan sebagai penghubung ke jaringan telepon dan Ethernet. Kabel koaksial sering kita gunakan pada televisi dan radio. Sedangkan, kabel fiber optik sering kita gunakan sebagai jalinan penghubung bawah laut (underwater lines) merupakan media transmisi antar samudera, qube, dan video pay per view.

Kelebihan Fiber Optic dibanding Kabel Tembaga


Beberapa kelebihan dari kabel serat optik adalah berukuran tipis dan berdiameter sehelai rambut manusia, dapat mentransmisikan sinyal cahaya, kapasitas bandwidth dan kecepatan transmisi yang sangat besar, mencapai terabyte, mudah untuk dibawa, serta tidak rentan terhadap gangguan frekuensi listrik.

Sedangkan beberapa kelemahan dari kabel tembaga adalah rentan terhadap gangguan frekuensi listrik dan radio, tidak dapat mentransmisikan sinyal cahaya, dan kapasitas bandwithnya yang kecil.

Kekurangan Fiber Optic dibanding Kabel Tembaga


Beberapa kelemahan dari kabel serat optik adalah harganya yang mahal termasuk peralatan khusus untuk penyambungannya, serta konstruksinya yang lemah sehingga memerlukan lapisan penguat untuk proteksi.
berbeda dengan kabel tembaga, antara lain adalah harganya murah, instalasinya mudah, mudah didapat, dan fleksibel, menggunakan satu medium untuk semua.

Ya begitulah kira kira perbedaanya, jika kurang jelas atau ada yang ingin di tanyakan, sikalan tulis komentar di bawah :D

-Rdwn

Link Banner
×

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net